Monday, July 29, 2013


Ekor Dinosaurus Berusia 72 Juta Tahun Ditemukan di Meksiko 

Tim arkeolog menemukan fosil ekor dinosaurus yang diperkirakan berumur 72 juta tahun di wilayah gurun utara Meksiko. Fosil ekor sepanjang lima meter yang masih cukup terawat itu merupakan yang pertama kali ditemukan di Meksiko.
Direktur Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (Instituto Nacional de Antropología e Historia/INAH),
Francisco Aguilar mengatakan, tim terdiri atas arkeolog serta mahasiswa INAH dan National Autonomous University of Mexico (UNAM).
Mereka mengidentifikasi fosil tersebut sebagai hadrosaurus, jenis dinosaurus yang berdiri seperti bebek. Ekor yang ditemukan di dekat sebuah kota kecil dekat General Cepeda itu sepertinya merupakan setengah dari seluruh ukuran tubuh dinosaurus yang dimaksud.
Para arkeolog menemukan 50 ruas tulang ekor tersebut dalam keadaan utuh setelah menghabiskan 20 hari di padang pasir. Mereka perlahan mengangkat lapisan batuan sedimen yang menutupi tulang-tulang dinosaurus itu.
Menurut INAH, tulang belulang lain berserakan di sekitar fosil tulang ekor yang mereka temukan. Termasuk salah satu tulang pinggang dinosaurus itu. Penemuan terbaru itu dapat menambah pengetahuan tentang keluarga hadrosaurus dan riset terhadap penyakit yang menyerang tulang dinosaurus yang juga ada pada manusia.
Para ilmuwan telah mengetahui, dinosaurus juga bisa terjangkit tumor dan atritis. Fosil dinosaurus telah banyak ditemukan di negara bagian Coahuila serta sejumlah wilayah padang pasir lainnya di utara Meksiko. "Kami punya sejarah paleontologi yang kaya," kata Aguilar.
Keberadaan fosil itu pertama kali ditemukan warga setempat dan dilaporkan ke INAH pada Juni tahun lalu. Penggalian dimulai awal bulan ini. Fosil ekor dinosaurus itu selanjutnya akan dibawa ke General Cepeda untuk penelitian lebih lanjut.