Friday, September 21, 2012

Kenapa Bentuk Pelangi Melengkung ?

Ponakan saya yang masih SD tanya, kenapa pelangi melengkung, setengah lingkaran, atau dia pernah lihat katanya pelangi berbentuk lingkaran penuh di sekitar matahari. Tapi mengapa, tanyanya, pelangi tidak pernah kotak, segitiga, bentuk hati, atau bergelombang, garis lurus, atau bentuk lainnya, selain lingkaran, atau garis melengkung.

Saya kira, garis melengkung pelangi itu semestinya bagian dari lingkaran. Tapi kenapa begitu?

Sebetulnya, bentuk pelangi adalah lingkaran penuh. Kalau terlihat setengah lingkaran, atau bagian dari lingkaran, itu terjadi karena pelangi terpotong oleh horison bumi, atau objek lain yang menghalangi cahaya, semisal bukit, gunung dsb. 

Kenapa lingkaran atau bagian lingkaran? Karena pelangi terjadi akibat pembiasan/refraksi cahaya pada sudut 40-42 derajat. Karena sudut pembiasan tetap, maka letak terjadinya warna pelangi selalu tetap dari pusat cahaya, sehingga jari-jarinya juga tetap, kalau jari-jari tetap alias konstan dari satu pusat/titik, kita akan mendapatkan lingkaran. Kalau lingkarannya kita potong, kita selalu dapat bagian lingkaran yang melengkung.



Karena yang kita dapatkan selalu bagian dari lingkaran yang melengkung, hampir tidak mungkin kita mendapatkan pelangi dalam bentuk garis lurus, apalagi persegi empat. Pelangi berbentuk persegi empat yang tidak terlalu lurus tapi agak melengkung sisi-sisinya bisa saja dibuat dengan menggunakan empat sumber cahaya dan berbagai trik, tetapi secara alami tidak mungkin terjadi dengan satu sumber cahaya, seperti matahari.

Semoga membantu..!