Wednesday, April 3, 2013

Wah Seru, Kalau Kurus Harga Tiket Pesawat Lebih Murah

Ini mungkin kabar gembira buat petualang, backpacker dengan berat badan ringan. Bila berwisata ke Samoa bakal dapat diskon harga tiket pesawat.

Ya, Maskapai Samoa Air menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang menerapkan besar kecilnya tarif penerbangan berdasarkan berat badan penumpang.

 
 www.news.com.au 

Menurut Chris Langton, kepala eksekutif maskapai tersebut, sistem seperti ini diberlakukan untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat dan mengurangi tingkat obesitas di masyarakat. Samoa sendiri termasuk ke dalam 10 besar negara yang tingkat obesitas penduduknya tertinggi.

Selain alasan kesehatan, Langton juga berpendapat bahwa sistem seperti ini merupakan sistem teradil untuk menetapkan tarif perjalanan.

Dalam sistem baru ini, calon penumpang harus menuliskan berat badan mereka plus barang bawaan yang mereka bawa. Nantinya angka tersebut akan dikalikan dengan jarak penerbangan ke lokasi yang mereka tuju. 

Wah, kalau sebesar itu harus bayar berapa ya ? www.newsrt.co.uk 


Contoh: untuk rute domestik terdekat, Samoa Air akan mengalikan setiap 1kg berat penumpang dengan uang $1. Jangan coba membohongi petugas dengan menulis berat badan yang salah, karena di bandara tujuan setiap penumpang akan ditimbang untuk memastikan kebenaran data yang mereka tulis.

Kelebihan lain dari sistem ini, menurut Langton, dapat mengurangi beban biaya untuk keluarga yang terbang membawa anak kecil.

Ide bagus untuk menyadarkan penduduk pentingnya menjaga kesehatan agar tak obesitas. Bisa diterapkan di sini?



 


Sumber:
idbite