Thursday, March 28, 2013

Benturan Kawah Asteroid Terbesar di Dunia

Benturan Kawah Asteroid Terbesar di Dunia - Asteroid yang menghantam wilayah Rusia , hanya merupakan salah satu hantaman asteroid besar. Asteroid-asteroid besar lainnya pernah menghantam Bumi, membentuk kawah raksasa.

http://www.didunia.net/
Benturan Kawah Asteroid Terbesar di Dunia
Berikut adalah daftar kawah raksasa hasil hantaman asteroid dan asteroid yang menghantamnya.

Kawah Vredefort

Kawah ini diakibatkan oleh hantaman asteroid pada 2 miliar tahun lalu. Lokasi kawah itu di Afrika selatan.Kawah ini berukuran 190 km, menjadi kawah tumbukan terbesar di muka Bumi. Pada tahun 2005 UNESCO menyatakan kawah ini sebagai Situs Warisan Dunia.

Cekungan Sudbury

Cekungan ini terbentuk oleh hantaman asteroid 1,8 miliar tahun lalu. Lokasinya di ontario, Kanada. Cekungan ini termasuk salah satu yang terbesar dan tertua, berukuran mencapai 130 juta tahun lalu.

Kawah Acraman

Struktur ini terbentuk akibat hantaman asteroid pada 580 juta tahun lalu di wilayah Australia bagian selatan. Lokasinya kini dikenal sebagai Danau Acraman, berukuran 90 km.

Kawah Woodleigh

Kawah ini strukturnya sulit diamati lagi dari permukaan sehingga klaim ukurannya bervariasi, mulai 40 - 120 km. Diperkirakan, kawah ini terbentuk akibat hantaman asteroid 364 juta tahun lalu di wilayah Australia bagian barat.

Kawah Manicouagan

Kawah ini berukuran 100 km. Berlokasi di Quebec, Kanada, kawah ini kini disebut danau Manicauagan. Kawah terbentuk akibat hantaman asteroid pada masa 215 juta tahun lalu.

Kawah Morokweng

Kawah ini berlokasi di Afrika Selatan, terbentuk pada masa 145 juta tahun lalu. Persisnya terletak di dekat Gunung Kalahari, kawah ini menyimpan fosil meteorit yang sampai ke Bumi.

Kawah Kara

beberapa pihak menyebut, kawah ini terdiri dari dua kawah berbeda, kara dan Ust-Kara. Berlokasi di Nenetsia, Rusia, kawah ini terbentuk akibat hantaman asteroid 70,3 juta tahun lalu.

Kawah Chicxulub

Asteroid yang menghantam Bumi dan membentuk kawah ini merupakan salah satu yang berkontribusi pada punahnya dinosaurus. Berlokasi di Yucatan Peninsula, ukuran kawah ini antara 170 - 300 km. Diperkirakan, hantaman asteroid yang membentuk kawah ini terjadi 65 juta tahun lalu.

Kawah Popigai

Kawah yang terbentuk akibat hantaman asteroid 35,7 juta tahun lalu ini berlokasi di Siberia, Rusia. Kawah ini mengandung banyak berlian, mejadi salah satu tempat terkaya di dunia.

Kawah Pantai Chesapeake

Hantaman asteroid yang membentuk kawah ini terjadi 35 juta tahun lalu. Kawah ini ditemukan awal tahun 1980, berlokasi 201 km dari kota Washington, Amerika Serikat. Ukuran kawah diperkirakan mencapai 85 km.